Teknik Trading Eddie Lau

Belajar Option Trading

belajar Options di workshop options Terbaik Baik di indonesia

Pengertian Options:
Semua orang tentu mengetahui apa itu asuransi? Tujuan seseorang yang mengasuransikan rumah, mobil, kargo, kesehatan, pendidikan, jiwa atau harta lainnya adalah untuk mendapatkan penggantian bila terjadi sesuatu yang negatif atas harta tersebut. Tetapi seberapa banyak investor yang mengasuransikan investasi saham yang dimilikinya? Sangat disayangkan bahwa sampai kini belum banyak. Padahal mengasuransikan investasi saham sama pentingnya dengan mengasuransikan harta lainnya.
Bagi investor yang bertransaksi saham di pasar modal bisa mengasuransikan investasi sahamnya dengan cara menggunakan derivatif saham itu sendiri yang lebih dikenal dengan sebutan “Option atas saham”.
Pada dasarnya, Option atas saham sama dengan asuransi untuk rumah, mobil, atau harta lainnya, karena Option bisa digunakan untuk mengantisipasi penurunan harga saham. Sebagai suatu instrumen keuangan, Option memiliki sifat fleksibilitas bagi para investornya di dalam menghadapi berbagai situasi investasi saham. Selain itu, Option memberikan kebebasan pilihan kepada investor untuk membeli, menjual atau bertahan di suatu pasar modal atau atas suatu saham. Jadi dengan Option anda dapat membuat posisi sesuai dengan situasi dan perkiraan anda terhadap pergerakan suatu pasar modal atau saham.
Beberapa manfaat yang diberikan oleh Option antara lain :
• Anda dapat melindungi saham yang dimiliki dari penurunan nilai
• Anda dapat menerima hasil atau laba dari saham yang dimiliki
• Anda dapat membeli saham pada tingkat harga yang lebih rendah
• Anda dapat memasang posisi pada saat pergerakan pasar yang besar, walauoun anda tidak mengetahui ke arah mana harga akan bergerak
• Anda dapat memetik manfaat dari kenaikan atau penurunan harga saham tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli atau menjual saham sama sekali
• Anda dapat bertransaksi Option dengan dana yang jauh lebih kecil daripada bertransaksi saham
Option saham adalah suatu kontrak yang memberikan hak, tetapi bukan kewajiban, kepada pembeli Option untuk membeli atau menjual saham yang mendasari Option tersebut (underlying stock) dengan harga tertentu (strike atau exercise price) pada waktu kontrak berlaku sampai dengan hari kadaluarsa. Setelah berakhirnya kontrak, Option menjadi kadaluarsa dan tidak bernilai lagi. Sebaliknya, penjual Option berkewajiban untuk menjual (atau membeli) saham kepada (atau dari) pemegang option dengan harga tertentu pada saat pembeli Option menghendakinya (melakukan exercise).
Saat ini, Option banyak diperdagangkan di Bursa Amerika Serikat seperti American Stock Exchange LLC (AMEX), The Chicago Board Options Exchange, Inc. (CBOE), The New York Stock Exchange, Inc. (NYSE), The Pacific Stock Exchange, Inc. (PSE), Philadelphia Stock Exchange, Inc. (PHLX). Sama seperti perdagangan saham di bursa Amerika Serikat, perdagangan Option juga diatur oleh Securities and Exchange Commission (SEC). Bursa-bursa ini memperdagangkan Option yang sudah distandarisasikan dan memberikan pasar yang kompetitif, liquid dan teratur. Semua kontrak Option yang diperdagangkan di bursa Amerika Serikat dikeluarkan, dijamin dan dikliring oleh The Options Clearing Corporation (OCC). OCC adalah perusahaan kliring yang terdaftar di SEC dan telah menerima peringkat ’AAA’ dari Standard & Poor’s Corporation. Peringkat kredit ‘AAA’ dihubungkan dengan kemampuan OCC untuk memenuhi kewajiban kepada lawan transaksinya dalam perdagangan Option.
Untuk terlibat dalam transaksi Option, investor diwajibkan untuk memahami karakteristik dan risiko dari Option. Walaupun terdapat berbagai manfaat, perdagangan Option tidaklah cocok untuk semua investor. Seseorang jangan melakukan transaksi Option sebelum membaca dan memahami dokumen / kontrak yang mengungkapkan risiko transaksi yang bisa diperoleh dari pialang atau bursa. Perlu dicatat bahwa setiap bursa akan berusaha menyajikan pasar yang likuid. Namun pada situasi tertentu mungkin terdapat kesulitan atau ketidakmungkinan untuk melikuidasi suatu posisi Option. Selain itu, syarat-syarat transaksi dengan margin, biaya transaksi dan komisi, aturan perpajakan dalam penjualan dan pembelian Option harus didiskusikan terlebih dahulu dengan pialang atau konsultan sebelum melakukan transaksi Option. Jadi anda harus benar-benar memahami terlebih dahulu peraturan permainan, risiko dan manfaat Option sebelum terlibat dalam transaksi Option di bursa.

Manfaat options:
Manfaat dari Perdagangan Option
Walaupun sejarah Option sudah dimulai sejak berabad-abad lalu, tetapi baru sejak 1973 peraturannya distandarkan dan option yang diatur pemeerintah Amerika Serikat diberlakukan. Dalam hanya beberapa tahun saja, Option menjadi populer, mulai dilirik masyarakat dunia dan mampu menggantikan perdagangan Option di bawah tangan yang sudah berlangsung ratusan tahun lamanya.
Manfaat utama dari perdagangan Option di Bursa adalah:
• Pasar yang teratur, efisien dan likuid
• Fleksibilitas
• Leverage
• Risiko yang terbatas
• Kontrak yang dijamin
Pasar yang teratur, efisien dan likuid
Sejak tahun 1973, bursa di Amerika Serikat membuat peraturan yang standar bagi transaksi Option. Peraturan Option yang telah distandarkan memberikan pasar Option yang teratur, efisien dan likuid. Bursa menetapkan jumlah Option dalam suatu kontrak. Kecuali dalam keadaan tertentu, setiap kontrak Option saham adalah untuk 100 lembar saham dasarnya. Bursa juga menetapkan berbagai tingkat harga strike. Harga strike suatu Option adalah harga tertentu suatu saham pada saat dibeli atau dijual oleh pembeli (pemegang) Option yang meng-exercise haknya. Pada setiap tingkat harga strike, dibuat harga jual dan beli Option yang disebut premi (bid ask premium). Premium Option ini tergantung pada volatilitas harga saham dan permintaan / penawaran Option tersebut. Jangka waktu berlakunya kontrak Option tergantung pada kesepakatan antara penjual dan pembeli Option yang dijembatani oleh pialang.
Harga strike ditentukan dengan kenaikan 1 atau 2,5 atau 5 atau 10 poin, beberapa tingkat di atas atau di bawah, tergantung pada harga pasar dari saham dasarnya. Harga strike juga ditentukan untuk berbagai periode bulanan. Dengan pengaturan seperti ini dan kemajuan teknologi informasi, maka harga Option (premium) dapat diperoleh dengan mudah dan cepat setiap saat selama waktu berlangsungnya perdagangan Option melalui akses di internet. Harga Option (premium) ditentukan oleh pembeli dan penjual di lantai bursa di mana semua transaksi dilakukan melalui mekanisme pasar yang terbuka dan kompetitif.
Fleksibilitas
Option adalah alat investasi yang sangat bervariasi, karena struktur risiko / imbalannya yang unik, Option dapat digunakan dengan berbagai kombinasi terkait dengan instrumen keuangan lainnya (seperti saham, valuta asing, komoditas) untuk membuat posisi lindung nilai (hedge) atau spekulatif. Berbagai strategi Option akan dibahas dalam bagian dua dari buku ini.
Leverage
Suatu Option memungkinkan anda untuk mematok suatu harga, untuk suatu jangka waktu tertentu, dimana anda dapat membeli atau menjual 100 saham dengan premium yang hanya sebagian kecil saja dibandingkan dengan harga pembelian saham langsung. Dengan leverage ini berarti bahwa Option bisa digunakan untuk menaikkan potensi laba dari pergerakan harga suatu saham.
Risiko yang Terbatas untuk Pembeli
Di dalam investasi Option, risiko bagi pembeli sudah bisa diketahui dan terukur. Seorang pembeli Option pasti tidak akan merugi lebih dari harga yang dibayar untuk Option, yaitu premiumnya. Hal ini dikarenakan suatu hak untuk membeli atau menjual saham dasar dari suatu Option pada harga tertentu akan berakhir atau kadaluarsa pada saat tertentu, maka Option tidak akan bernilai lagi apabila hak tersebut tidak digunakan. Sebaliknya, seorang penjual Option, bisa menghadapi risiko yang tidak terbatas.
Kontrak yang Pencairannya Dijamin
Sebelum adanya bursa Option dan lembaga kliring, seorang pemegang Option yang akan menggunakan haknya sangat tergantung pada etika dan integritas keuangan dari penjual atau pialangnya untuk mencairkan kontraknya, bisa saja penjual atau pialang melalaikan kewajibannya. Pada masa itu, seorang investor tidak boleh menutup posisi yang dipasangnya sebelum sampai pada hari kadaluarsa kontrak.
Dengan adanya bursa Option dan lembaga kliring, masalah dan kesulitan itu bisa teratasi. Begitu lembaga kliring mencocokkan pesanan (order) dari seorang penjual dan seorang pembeli, ia bertindak sebagai perantara bagi kedua pihak. Ia menjadi pembeli bagi si penjual dan menjadi penjual bagi si pembeli. Dengan demikian penjual dapat membeli kembali Option yang sama yang sudah dijualnya, menutup transaksi awal, dan menghentikan kewajiban untuk menyerahkan saham dasar kepada lembaga kliring, dan transaksi ini tidak akan mempengaruhi hak bagi pembeli awal untuk menjual, menahan, atau meng-exercise Optionnya. Seluruh premium dan pembayaran atas penyelesaian ditujukan kepada lembaga kliring.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Option Trading"